Selasa, 10 Mei 2011

RPP IPA Kelas V


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan      : SD FIP UNY
Kelas                           : V (lima)
Semester                      : II (dua)
Mata Pela­jaran           : IPA
Alokasi Waktu           : 15 menit


Standar Kompetensi
5. Memahami hubungan antara gaya, gerak, dan energi, serta fungsinya.
Kompetensi Dasar
5.1 Mendeskripsikan hubungan antara gaya, gerak dan energi melalui percobaan (gaya gravitasi, gaya gerak, gaya magnet).
Indikator
Mengelompokkan benda-benda yang bersifat magnetis.
Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu mengelompokkan benda-benda magnetis dan non magnetis.
Materi Ajar
Gaya magnet.
Metode Pembelajaran
Model pembelajaran    : cooperative learning
Metode pembelajaran  : Demonstrasi
Kegiatan Pembelajaran
1.      Kegiatan pendahuluan (3 menit)
a.    Guru memberikan salam pada pserta didk.
b.   Motivasi: guru menenyakan kepada peserta didik mengapa pintu kulkas dapat tertutup rapat walaupun tanpa selot.
2.      Kegiatan inti (8 menit)
a.       Guru membagi peserta didik dalam satu kelas menjadi empat kelompok.
b.      Guru membagikan alat-alat percobaan pada masing-masing kelompok dan membagikan LKS.
c.       Guru mecontohkan percobaan dihadapan peserta didik, yakni mendemonstrasikan magnet yang dapat menarik paku.
d.      Guru memerintahkan peserta didik untuk melakukan hal yang sama seperti yang telah dicontohkan dengan menggunakan benda-benda yang sudah disediakan dan menggunakan benda-benda yang ada disekitarnya dan mengisikan data yang diperoleh pada LKS yang telah disediakan.
e.       Guru memeriksa kegiatan peserta didik apakah sudah dilakukan dengan benar. Jika masih ada kelompok yang belum dapat melakukan kegiatan dengan benar,guru dapat langsung memberikan bimbingan.
3.      Kegiatan penutup (4 menit)
a.       Guru meminta peserta didik untuk menyimpulkan percobaan yang telah dilakukan dan dengan bimbingan guru.
b.      Guru menanyakan hal-hal yang berkaitan dengan materi ajar.
c.       Uji tes tertulis.
Sumber Belajar
1.      Buku IPA Salingtemas Kelas V SD dan MI, Wigati Hadi O dkk.
2.      Magnet, paku, dan lain-lain.
3.      Aneka benda disekitar siswa.
Penilaian Hasil Belajar
1.      Tekhnik penilaian
a.       Tes lisan
b.      Tes tertulis
2.      Bentuk instrumen
a.       Tes lisan
1)      Mengapa paku dapat ditarik oleh magnet?
2)      Benda yang tersusun dari apa saja yang dapat ditarik oleh magnet?
b.      Tes tertulis
1)      Bahan yang sangat baik untuk dibuat magnet adalah ....
2)      Benda-benda yang dapat ditarik oleh magnet disebut benda ... sedangkan benda yang tidak dapat ditarik oleh magnet disebut benda…
3)      Sebutkan alat-alat rumah tangga yang memanfaatkan magnet…
3.      Rubrik penilaian
Bentuk tes
Uraian
Skor
Tes lisan
     Siswa mampu menjawab pertanyaan- pertanyaan  yang diajukan oleh guru dan jawaban benar.
     Siswa menjawab pertanyaan yang diajukan oleh guru, namun jawaban kurang benar.
     Tidak menjawab pertanyaan yang diakukan oleh guru.
     10


     5


    0
Tes tertulis
     Setiap jawaban benar.
     Setiap jawaban salah atau tidak dijawab.
     10
     0

Tes tertulis:
Skor maksimal 30
Nilai siswa =  x 100


Mengetahui                                                                 Yogyakarta, 8 April 2010
Kepala Sekolah                                                           Guru Mata Pelajaran




Slamet M.T.                                                                Diah Kartika Pratiwi
NIP.                                                                            NIM. 08108244111


Lampiran lembar kerja siswa (LKS)
Catatlah hasil pengamatan kelompokmu dalam table berikut!
No.
Nama Benda
Bahan Penyusun
Sifat Benda
Dapat ditarik magnet
Tidak dapat ditarik magnet
1
Paku
Logam





























































































Skenario Pembelajaran

Mata Pelajaran            : IPA (Fisika)
Kompetensi Dasar        : 5.1 Mendeskripsikan hubungan antara gaya, gerak dan energi melalui percobaan (gaya gravitasi, gaya gerak, gaya magnet).

Indikator                       : Mengelompokkan benda-benda yang bersifat magnetis.

1.      Kegiatan Penadahuluan
a.       Guru memberikan apersepsi pada siswa dengan menanyakan kenapa pintu kulkas dapat tertutup rapat walaupun tanpa selot.
b.      Guru menuliskan di papan tulis tentang materi ajar yang akan disampaikan.
2.      Kegiatan Inti
a.       Guru membagi peserta didik dalam satu kelas menjadi empat kelompok.
b.      Guru membagikan alat-alat percobaan pada masing-masing kelompok dan membagikan LKS.
c.       Guru mecontohkan percobaan dihadapan peserta didik, yakni mendemonstrasikan magnet yang dapat menarik paku.
d.      Guru memerintahkan peserta didik untuk melakukan hal yang sama seperti yang telah dicontohkan dengan menggunakan benda-benda yang sudah disediakan dan menggunakan benda-benda yang ada disekitarnya dan mengisikan data yang diperoleh pada LKS yang telah disediakan.
e.       Guru memeriksa kegiatan peserta didik apakah sudah dilakukan dengan benar. Jika masih ada kelompok yang belum dapat melakukan kegiatan dengan benar,guru dapat langsung memberikan bimbingan.

3.      Kegiatan Penutup
a.       Guru meminta peserta didik untuk menyimpulkan percobaan yang telah dilakukan dan dengan bimbingan guru.
b.      Guru menanyakan hal-hal yang berkaitan dengan materi ajar.
c.       Guru memberikan uji tes tertulis pada peserta didik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar