Kamis, 09 Januari 2014

My Skripsweet



PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING
 TERHADAP HASIL BELAJAR PEMAHAMAN CERITA
PENDEK ANAK PADA MATA PELAJARAN BAHASA
INDONESIA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 ONJE
KABUPATEN PURBALINGGA

Oleh
Diah Kartika Pratiwi
NIM 08108244111

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Quantum Teaching terhadap  hasil belajar pemahaman cerita pendek anak pada mata pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas V SD Negeri 1 Onje kabupaten Purbalingga.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (kuasi eksperimen) dengan variabel terikat hasil belajar bahasa pemahaman cerita pendek anak, dan variabel bebasnya adalah model pembelajaran Quantum Teaching. Desain penelitiannya yaitu Pretest-Posttest Control Group Design. Subjek penelitiannya adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 1 Onje yang terdiri dari dua kelas. Kelas VA berjumlah 23 siswa dan kelas VB berjumlah 21 siswa. Penentuan kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan cara pengundian, kelas VA sebagai kelas eksperimen sedangkan kelas VB sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian berupa dokumentasi dan tes. Teknik analisis data terdiri atas 3 tahap yaitu, tahap deskripsi data, tahap uji prasyarat analisis, dan tahap pengujian hipotesis. Uji hipotesis menggunakan uji t (t-test), yaitu dengan melihat perbedaan hasil belajar bahasa Indonesia pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol pada taraf signifikansi 5 % (0,05).
Hasil penelitian ini diperoleh model pembelajaran Quantum Teaching berpengaruh positif terhadap hasil belajar pemahaman cerita pendek anak pada mata pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas V SD Negeri 1 Onje kabupaten Purbalingga. Hal ini dilihat dengan adanya perbedaan hasil Posttest antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol. Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai t hitung 2,589 > t tabel dan nilai sig 0,013 < 0,05, yang artinya ada perbedaan yang signifikan hasil posttest antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol.

Kata kunci: quantum teaching, hasil belajar, cerita pendek anak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar