PENGARUH
MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING
TERHADAP
HASIL BELAJAR PEMAHAMAN CERITA
PENDEK
ANAK PADA MATA PELAJARAN BAHASA
INDONESIA
SISWA KELAS V SD NEGERI 1 ONJE
KABUPATEN
PURBALINGGA
Oleh
Diah Kartika
Pratiwi
NIM 08108244111
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh
model pembelajaran Quantum Teaching terhadap hasil belajar pemahaman cerita pendek anak
pada mata pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas V SD Negeri 1 Onje kabupaten
Purbalingga.
Penelitian
ini merupakan penelitian eksperimen semu (kuasi eksperimen) dengan variabel
terikat hasil belajar bahasa pemahaman cerita pendek anak, dan variabel
bebasnya adalah model pembelajaran Quantum
Teaching. Desain penelitiannya yaitu Pretest-Posttest Control Group Design. Subjek penelitiannya
adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 1 Onje yang terdiri dari dua kelas.
Kelas VA berjumlah 23 siswa dan kelas VB berjumlah 21 siswa. Penentuan kelas eksperimen dan
kelas kontrol dengan cara pengundian, kelas VA sebagai kelas eksperimen
sedangkan kelas VB sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian berupa
dokumentasi dan tes. Teknik analisis data terdiri atas 3 tahap yaitu, tahap
deskripsi data, tahap uji prasyarat analisis, dan tahap pengujian hipotesis. Uji
hipotesis menggunakan uji t (t-test), yaitu dengan melihat perbedaan hasil belajar
bahasa Indonesia pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol pada taraf
signifikansi 5 % (0,05).
Hasil
penelitian ini diperoleh model pembelajaran Quantum
Teaching berpengaruh positif terhadap hasil belajar pemahaman cerita pendek
anak pada mata pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas V SD Negeri 1 Onje
kabupaten Purbalingga. Hal ini dilihat dengan adanya perbedaan hasil Posttest antara kelompok eksperimen
dengan kelompok kontrol. Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai t hitung 2,589
> t tabel dan nilai sig 0,013 < 0,05, yang artinya ada perbedaan yang
signifikan hasil posttest antara
kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol.
Kata
kunci: quantum teaching, hasil belajar, cerita pendek anak
Tidak ada komentar:
Posting Komentar