RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SD Negeri Caturtunggal 4
Mata Pelajaran : IPA, Matematika, SBK (TEMATIK)
Kelas/Semester : II (tiga) / I (satu)
Tema : Diri Sendiri
Hari, Tanggal : Rabu, 20 Juli 2011
Alokasi Waktu : 30 menit (1 JP)
Standar Kompetensi
1. | Ilmu Pengetahuan Alam | : | Mengenal bagian-bagian utama hewan dan tumbuhan, pertumbuhan hewan dan tumbuhan serta berbagai tempat hidup makhluk hidup. |
2. | Matematika | : | Melakukan penjumlahan dan pengurangan sampai 500. |
3. | SBK | : | Mengekspresikan diri melalui karya seni musik. |
Kompetensi Dasar
1. | Ilmu Pengetahuan Alam | : | Mengenal bagian-bagian utama hewan dan tumbuhan di sekitar rumah dan sekolah melalui pengamatan. |
2. | Matematika | : | Membandingkan bilangan sampai 500. |
3. | SBK | : | Menyanyikan lagu wajib dan lagu anak dengan atau tanpa iringan. |
Indikator
1. | Ilmu Pengetahuan Alam | : | · Membuat daftar bagian-bagian utama tubuh hewan (kucing dan burung) dan kegunaannya dari hasil pengamatan. · Menggambar secara sederhana dan menamai bagian-bagian utama tubuh hewan. |
2. | Matematika | : | · Menyebutkan banyak benda. |
3. | SBK | : | · Siswa mampu menyanyikan lagu anak dengan atau tanpa iringan. |
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengamati alat peraga, mendengarkan penjelasan dari guru dan tanya jawab:
1. Siswa dapat membuat daftar bagian-bagian utama tubuh hewan (kucing dan burung) dan kegunaannya dari hasil pengamatan.
2. Siswa dapat menggambar secara sederhana dan menamai bagian-bagian utama tubuh hewan.
3. Siswa dapat menyebutkan banyak benda.
4. Siswa mampu menyanyikan lagu anak dengan atau tanpa iringan.
B. Materi Pembelajaran
1. | Ilmu Pengetahuan Alam | : | Bagian-bagian utama tumbuhan dan hewan |
2. | Matematika | : | Pengerjaan hitung bilangan. |
3. | SBK | : | Lagu anak-anak. |
C. Metode Pembelajaran
1. Model Pembelajaran : PAKEM
2. Metode : Ceramah, tanya jawab
D. Langkah-Langkah Kegiatan
1. Kegiatan Pendahuluan
a) Menertibkan siswa.
b) Berdo’a bersama.
c) Aperspsi: guru bertanya pada siswa “anak-anak siapa yang dirumah punya hewan peliharaan”
2. Kegiatan Inti
a) Siswa mendengarkan penjelasan dari guru serta memperhatikan alat peraga yang dipasang guru.
b) Guru mengaitkan materi ajar IPA dengan mata pelajaran Matematika.
c) Siswa secara aktif menjawab pertanyaan yang diajukan guru.
d) Secara individu siswa maju ke depan untuk menempelkan bagian-bagian tubuh hewan pada chart gambar.
e) Secara klasikal siswa menyanyikan lagu “Burung Kutilang”.
f) Siswa menggambar secara sederhana dan menamai bagian-bagian utama tubuh hewan.
g) Siswa diberi kesempatan untuk bertanya.
h) Siswa mengerjakan soal evaluasi.
3. Kegiatan Penutup
a) Membimbing siswa merangkum pelajaran.
b) Berdo’a bersama.
E. Sumber dan Alat Belajar
1. S.Rositawaty. 2008. Ilmu Pengetahuan Sosial Alam II SD dan MI. Jakarta: DEPDIKNAS. Hlm. 4-5.
2. Djaelani. 2008. Matematika II SD dan MI. Jakarta: DEPDIKNAS. Hlm. 28
3. Gambar hewan
4. Soal Evaluasi
F. Penilaian
1. Prosedur Evaluasi : proses, post test
2. Jenis evaluasi : test tertulis
3. Bentuk evaluasi : pilihan ganda
4. Alat evaluasi : terlampir
5. Kunci evaluasi : terlampir
Nilai/skor | : | soal evaluasi tertulis berjumlah 10, masing-masing bernilai 10. Jadi jika seluruh soal terjawab dengan benar maka nilainya 100. |
7. Kriteria keberhasilan : siswa yang berhasil jika mendapat nilai minimal 75.
Mengetahui, Sleman, 20 Juli 2011
Guru Pamong Praktikan
Wartini, A.ma.Pd. Diah Kartika Pratiwi
NIP. 19570702 197803 2 010 NIM. 08108244111
Lampiran 1
Soal Evaluasi
Nama: Kelas/No:
1.
|
a. 1
b. 2
c. 3
2. Hewan yang bergerak tanpa menggunakan bagian kaki ialah.......
a. Ulat
b. Lipan
c. kodok
3.
|
a. Berenang
b. Merayap
c. Terbang
4. Bagian tubuh kucing untuk mencengkeram mangsa adalah....
5. Kucing memiliki hidung yang berguna untuk......
a. Makan
b. Mencium
c. Bergerak
6. Burung dapat terbang karena memiliki......
7. Bagian tubuh burung berikut berguna untuk......
a. bertengger b. makan c. bernapas |
8. Jumlah kaki kucing adalah........
a. 3
b. 4
c. 5
9 Terdapat dua burung kutilang, berapa jumlah kaki kedua burung tersebut?
a. 2
b. 4
c. 6
10. Bagian tubuh kucing yang berguna untuk keseimbangan adalah.......
Lampiran 2
Kunci Jawaban
1. C
2. A
3. C
4. B
5. B
6. C
7. B
8. B
9. B
10. A
rppnya boleh di copy, tdak?
BalasHapus